Inklusi keuangan di Indonesia tumbuh positif dari tahun ke tahun. Data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2019 menunjukkan bahwa indeks inklusi keuangan di Indonesia mencapai 76,16 persen. Presiden Joko Widodo telah mematok target inklusi keuangan di Indonesia dapat mencapai 90 persen per 2024 mendatang. Guna membantu merealisasikan hal tersebut, digitalisasi menjadi langkah konkret yang bisa dilakukan oleh penyedia jasa infrastruktur financial technology (Fintech).

 

Salah satu penyedia jasa Fintech yang turut andil dalam mempercepat inklusi keuangan adalah PT Finnet Indonesia, salah satu anak usaha TelkomMetra dengan umbrella brand-nya, Finpay. Finpay memberikan berbagai macam solusi pembayaran bagi masyarakat, baik untuk kepentingan pribadi maupun bisnis.

 

Finpay mulai beroperasi pada tahun 2006 dan bergerak pada penyediaan layanan financial technology dan fokus memberikan solusi untuk industri perbankan, gerai waralaba, telekomunikasi, e-commerce, transportasi, government yang menyediakan tagihan rutin dan industri lainnya yang membutuhkan solusi pembayaran digital dan pendukungnya.

 

Saat ini Finpay telah terhubung dengan 122 biller, 90 bank, 100 ribu outlet, 800 online merchant, 12 payment partner, dan 46 e-commerce partner, serta, bekerjasama dengan perusahaan remitansi di 7 negara untuk menyediakan layanan pengiriman uang bagi pekerja migran Indonesia.

 

Sebagai salah satu akselerator utama inklusi keuangan di Indonesia, Finnet adalah satu-satunya perusahaan di Indonesia yang memiliki 7 lisensi dari Bank Indonesia dan 1 lisensi dari Kementerian Keuangan sebagai berikut;

  1. Electronic Money

Finnet  adalah salah satu perusahaan yang telah memiliki izin untuk menerbitkan akun uang elektronik. Melalui produk Finpay Money, Finnet dapat menerbitkan rekening untuk nasabah atas nama Finpay Money. Nasabah tersebut diakui memiliki sejumlah dana yang disimpan di sistem Finnet. Untuk bisa memiliki lisensi Electronic Money, salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah instansi yang bersangkutan harus sudah mempunyai 300.000 nasabah atau mempunyai dana yang disetor oleh nasabah sampai dengan 1 miliar rupiah. 

  1. Electronic Wallet

Lisensi ini diberikan kepada instansi untuk menyimpan atau memproses data-data pembayaran yang bukan miliknya. Dalam konteks ini, pemegang izin Electronic Wallet dapat menyimpan data nasabah seperti nomor kartu kredit dan bisa dilakukan transaksi tanpa nasabah memproses dari awal. 

  1. Payment Gateway

Lisensi Payment Gateway adalah perizinan yang digunakan untuk meneruskan, memproses dan mengotorisasikan pembayaran antara pihak pembayar dan pihak penerima. Payment gateway juga memberikan tanda terima atau receipt sebagai tanda bahwa pembayaran sudah berhasil dilakukan oleh pihak pembayar. 

  1. Fund Transfer

Sebagai pihak yang mengantongi izin Fund Transfer, Finnet dapat menerima dana, baik secara langsung atau dari pihak lain yang diberikan oleh si pengirim untuk kemudian disalurkan melalui sistem kepada penerima dana, yang dapat berupa uang tunai, atau berupa rekening bank. 

  1. Acquiring Debit

Pihak yang memiliki lisensi Acquiring ini dapat bekerja sama dengan pihak-pihak yang menyediakan pembayaran di tempatnya dengan perangkat tertentu sehingga merchant dapat menerima pembayaran dari customer. Implementasi Acquiring yang dapat kita temui di antaranya QRIS

  1. QRIS

Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS adalah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR code dari Bank Indonesia untuk mempermudah proses transaksi QR Code dan terjaga keamanannya. 

  1. Lembaga Persepsi Lainnya

PT Finnet Indonesia juga telah ditunjuk oleh Direktur Jendral Perbendaharaan (Kemenkeu) sebagai Lembaga Persepsi Lainnya yang melaksanakan sistem penerimaan negara secara elektronik. Penunjukan ini menjadikan Finnet sebagai salah satu Fintech terpilih untuk berkolaborasi dengan Kemenkeu menjadi bagian dari Lembaga Persepsi Lainnya. Melalui layanan Finpay Easy Tax, Finnet memberikan solusi untuk distribusi dan collection pembayaran pajak online yang bisa dilakukan di seluruh channel pembayaran yang sudah bekerja sama dengan Finnet.

 

Selain itu, Finnet juga menjadi anggota BI-RTGS (Bank Indonesia Real Time Gross Settlement), sehingga dapat melakukan sistem transfer dana elektronik yang penyelesaiannya dilakukan dalam satu waktu. Kemudahan ini mempermudah proses transaksi high-value payment system atau bernilai di atas Rp100 juta dan terkirim dalam satu waktu.

 

Dengan mengantongi 7 lisensi dan 1 keanggotaan, Finnet mempunyai posisi istimewa dalam ekosistem pembayaran digital di Indonesia. Manfaat Finpay bisa kita rasakan di setiap rutinitas transaksi keuangan.

 

Sebagai bagian dari TelkomMetra Group dan Telkom Group, Finnet akan terus berinovasi dengan mengembangkan layanan dan ikut serta membangun bangsa. Melalui solusi pembayaran digital serta membantu mempercepat inklusif keuangan digital dan memperkaya konten layanan pembayaran UMKM di Indonesia.

 

For more info: care@finpay.id – 1500770 atau dapat menghubungi sosial media kami

Website: www.finpay.id

Facebook: @FinpayPromo

Twitter: @FinpayPromo

Instagram: @finpaypromo

YouTube: Finpay Promo