Layanan Kesehatan di Ujung Jari dengan Inovasi AdMedika

Published at 26/03/2025

Whats New

 
 
 

Di era digital saat ini, transformasi pelayanan kesehatan digital sudah menjadi pilihan. AdMedika hadir menjadi solusi inovatif sebagai platform digital kesehatan yang mumpuni dan terpercaya. PT Admedika Mitra Sehat yang merupakan bagian dari TelkomMetra Group menghadirkan AdMedika guna memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan, mulai dari konsultasi dengan dokter, pemesanan obat, hingga pemantauan kesehatan secara real-time. Melalui pemanfaatan teknologi terkini, AdMedika berhasil menjembatani kesenjangan akses kesehatan, terutama pada masa pandemi Covid-19 silam dimana masyarakat enggan melakukan kunjungan ke fasilitas-fasilitas kesehatan.

“AdMedika menghadirkan inovasi berbasis teknologi untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Indonesia. Dengan pemanfaatan AI dan analitik data, kami dapat menciptakan solusi yang lebih cerdas dan adaptif dalam ekosistem layanan kesehatan. Kami berharap dapat terus berkontribusi dalam menciptakan ekosistem layanan kesehatan yang lebih maju dan berkelanjutan,” ungkap CEO AdMedika Dian Prambini.

Dengan mengintegrasikan teknologi terkini seperti kecerdasan buatan (AI) dan internet of things (IoT), AdMedika mengedepankan pelayanan kesehatan yang efisien, personal dan terjangkau. AdMedika juga menyediakan layanan kesehatan yang menyeluruh, untuk memastikan masyarakat selalu terlindungi dengan maksimal.

Fitur AdClaim misalnya. Fitur ini mengintegrasikan peserta, perusahaan, dan fasilitas kesehatan dalam jaringan pemrosesan kesehatan yang akurat, online, dan terpadu. AdClaim memiliki berbagai fasilitas, beberapa di antaranya adalah layanan personal di rumah sakit, manajemen klaim fiktif atau fraud management, layanan siap siaga 24 jam, dan laporan digital.

Kemudian tersedia juga layanan AdBrief. AdMedika bekerja sama dengan para ahli untuk menganalisa informasi-informasi serta menyajikannya yang dapat membantu pengambilan keputusan strategis oleh rumah sakit, perusahaan, asuransi, maupun institusi lainnya. Dengan AdBrief, layanan kesehatan dapat meningkatkan kualitas pelayanan, meminimalisasi risiko karena membantu dalam membuat keputusan strategis, serta merumuskan rencana promotif, preventif, dan kuratif. 

Selanjutnya, AdMedika juga memiliki layanan I Assist. Layanan ini berperan sebagai penjaminan biaya medis yang dilakukan di luar negeri dan jasa evakuasi darurat medis. I Assist dapat digunakan di berbagai fasilitas kesehatan di seluruh dunia. AdMedika telah menjalin kerja sama dengan lebih dari 40.000 fasilitas kesehatan yang tersebar di 237 negara. Di dalam negeri, AdMedika memiliki lebih dari 7.800 rekanan fasilitas kesehatan di seluruh penjuru Indonesia. 

Pada sisi pengadaan alat kesehatan, AdMedika memiliki layanan AdKes. AdKes menyediakan berbagai alat kesehatan untuk rumah sakit, klinik, sekolah, atau institusi kesehatan.Dengan AdKes maka rumah sakit dapat meningkatkan fasilitas pelayanan. AdKes juga bertujuan untuk mendukung efisiensi dari kegiatan yang dilakukan tenaga medis. 

AdMedika juga memiliki layanan MyAdMedika, yang merupakan informasi kesehatan lengkap yang dikemas dalam bentuk aplikasi mobile sehingga memudahkan penggunanya. Melalui MyAdMedika, setiap anggota dapat dengan mudah mengakses berbagai informasi layanan kesehatan mereka secara digital. 

Lebih lanjut, AdMedika juga bekerjasama dengan berbagai penyedia layanan kesehatan dalam penyediaan sistem informasi berbasis data. Layanan Healthical merupakan solusi aplikasi web yang digunakan sebagai sistem informasi terdiri dari manajemen pelayanan pasien dan manajemen pelaporan. Didukung infrastruktur AdMedika yang memiliki tingkat keamanan yang tinggi bernama Hisys. 

Hisys hadir demi mewujudkan kemudahan, kecepatan, dan pengembangan layanan di setiap fasilitas kesehatan. Hisys memiliki fasilitas seperti layanan 24 jam, mudah dikembangkan, mendukung akreditasi, dan rekam medis digital. Selain itu, Hisys memiliki sejumlah modul yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan masing-masing fasilitas kesehatan.

AdMedika, bersama dengan Yayasan Kesehatan Telkom, telah mendirikan perusahaan penyedia layanan kesehatan bernama TelkoMedika. TelkoMedika menawarkan berbagai solusi kesehatan bagi masyarakat umum melalui fasilitas seperti klinik, laboratorium, apotek, optik, dan layanan kesehatan lainnya.

Saat ini, layanan TelkoMedika tersedia di sejumlah kota besar, termasuk Jakarta, Medan, Palembang, Lampung, Bogor, Depok, Semarang, Bandung, Surabaya, serta kota-kota lain dengan fasilitas kesehatan yang menjadi mitra TelkoMedika. Perusahaan ini berfokus pada penyediaan layanan pemeriksaan kesehatan rutin, rujukan medis, dan pemeriksaan berkala, baik untuk karyawan, calon karyawan, maupun masyarakat umum, sebagai bagian dari upaya pencegahan.

Berbekal lebih dari 20 tahun pengalaman, jalinan kerja sama dengan 7,800+ fasilitas kesehatan, dan dipercaya oleh 5,100,000+ anggota, AdMedika menawarkan berbagai solusi agar masyarakat dapat mengakses layanan kesehatan dengan mudah. Untuk itu, TelkomMetra berkomitmen untuk terus mendukung AdMedika dalam menghadirkan solusi digital kesehatan terdepan di Indonesia.