Menguatkan Komitmen, TelkomMetra Optimis Perkuat Posisi Akselerator Bangsa yang Sejahtera

Published at 04/08/2022

 

Kuatkan posisi dan barisan untuk menembus tantangan di masa depan! Semangat Make Metra Group Great Again yang sudah digemakan sejak 2021 lalu, masih menjadi gaungan yang disuarakan kepada para insan TelkomMetra Group. Sebuah forum Board of Executive (BoE) TelkomMetra Group yang digagas pada 29 Juli 2022 lalu mengangkat tema “Gearing Up The Capabilites of Future Metra: Craving For Sustainable & Profitable Business”. 

Masa depan kian menantang, demi tahun-tahun di depan yang akan datang. TelkomMetra terus memberi dukungannya terhadap transformasi digital melalui revolusi industri 4.0 di Indonesia dengan aktif menjadi akselerator perwujudan bangsa yang sejahtera, berdaya saing melalui investasi, serta pengembangan portofolio bisnis terkini. 

Forum ini dihadiri oleh Bp. Pramasaleh H. Utomo selaku Direktur Utama TelkomMetra, Bp. Roby Roediyanto, selaku Direktur Finance, Risk, & Human Capital TelkomMetra, Bp. Budi Setyawan Wijaya selaku Direktur Strategic Portfolio yang hadir secara online, 3 Vice President Telkom diantaranya Bp. Ambar Kuspardianto selaku VP Enterprise Business Governance, Ibu Ariyiwati selaku VP Enterprise Business Orchestration, Bp. Irwan selaku VP Enterprise Business Strategy, seluruh Direktur Utama dari 9 anak perusahaan TelkomMetra, dan senior leaders TelkomMetra. 

BOE Forum TelkomMetra Group kali ini dibagi dalam 3 sesi utama, diantaranya pemaparan mengenai New Telkom Strategic Initiatives for Metra Group, lalu dilanjutkan oleh sharing session yang membahas Strategy To Win The Competition with Product Innovation, serta Commitment Session untuk mencapai target outlook full year TelkomMetra Group 2022 yang diikuti oleh seluruh Direktur Utama TelkomMetra.

Pada hari Jumat yang khidmat lalu, Forum BoE Metra Group diselenggarakan mengulas sejumlah topik yang menjadi cerminan untuk menjadikan TelkomMetra lebih baik di masa depan. Langkah-langkah strategis secara konsisten dilakukan, pada tahun 2021 diantaranya, Pelepasan 27,9% saham Metranet kepada Telkom, Pelepasan 48% saham Melon kepada Metranet. Bukan hanya itu, terjadi juga Pengambilalihan 49% saham Telkomtelstra dari Telstra Singapore. TelkomMetra kian memperkokoh posisinya melalui 28 produk portofolio, 2 Strategic Business Unit, 12 anak usaha dengan kepemilikan saham mayoritas, dan 2 anak perusahaan non konsolidasi dengan kepemilikan saham minoritas. 

Fondasi yang telah dibangun dengan kuat itu, menjadi kompetensi dan kapasitas yang membuat TelkomMetra terus berperan aktif dalam mendorong sustainable dan profitable business untuk mendukung Telkom Group. Membidik momentum dan membaca peluang bisnis dari tantangan hingga potensi pertumbuhan bisnis digital selalu dilakukan. Hal ini terbukti sejak berdiri, melalui adaptasi TelkomMetra pada awalnya hanya bergerak di bidang multimedia, kini menjadi salah satu perusahaan Digital IT Business yang kompetitif di industri. Acap kali menghadapi berbagai turbulensi, TelkomMetra bertumbuh secara positif, year to date Juni 2022, pada sisi pendapatan tumbuh sebesar 2% YoY, lalu pada sisi EBITDA tumbuh sebesar 1% YoY. Semua itu mencapai target di atas Rancangan Kerja Perusahaan (RKP) 2022.

Langkah-langkah strategis tidak berkaitan dengan jalannya bisnis saja, namun juga menguatkan fundamental serta kapabilitas dari sumber daya manusia yang akan terus menjadi penggerak masa depan jalannya roda bisnis TelkomMetra Group. Layaknya filosofi Jepang, Kaizen Mentality, kepercayaan untuk terus mengembangkan diri serta sekitar menjadi lebih baik lagi, semua itu dilakukan untuk terus memberikan dan mengupayakan yang terbaik kepada klien, rekan bisnis, dan juga satu sama lain.