profil_telkommetra

Profil
Kami

PT Multimedia Nusantara (TelkomMetra) didirikan pada tanggal 28 Mei 1997. Memulai usahanya sebagai penyedia TV berbayar, TelkomMetra melakukan perjalanan sebagai penyedia Media, Edutainment dan Services (IMES) terdepan di Indonesia. Sebagai entitas bisnis dimana mayoritas 99% sahamnya dimiliki oleh PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom Indonesia), TelkomMetra berkomitmen untuk mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan melalui strategi ekspansi yang agresif, baik organik (nurture) dan anorganik (capture).

TelkomMetra berkomitmen untuk lebih efektif dan efisien dalam mengelola jajaran perusahaan yang tergabung dalam grup usahanya supaya lebih kompetitif dalam menghadapi kompetisi era digital. Harmonisasi bisnis Grup TelkomMetra bertujuan untuk memenuhi permintaan pelanggan dan mempercepat proses transformasi digital Indonesia menuju Revolusi Industri 4.0.

 
Visi dan Misi

Sebagai anak perusahaan dari Telkom Indonesia, Grup TelkomMetra berkomitmen untuk merealisasikan visi dan misi Grup Telkom dalam menjalankan kegiatan bisnis dan operasional sehari-hari.

VISI

Menjadi yang terdepan dan terpercaya dalam pengelolaan portofolio bisnis serta memiliki struktur finansial yang kuat melalui praktik bisnis yang lincah dan cerdas berbasis Good Corporate Governance

MISI

  1. Mengedepankan nilai tambah bagi pemangku kepentingan melalui pengelolaan portofolio bisnis yang sehat, inovatif dan mengutamakan kualitas pengalaman pelanggan
  2. Berdaya, lincah dan cerdas dalam menghadapi dinamika arah gejala bisnis dengan selalu berpegang teguh kepada praktik Good Corporate Governance
  3. Fokus kepada karyawan untuk mewujudkan perusahaan berdaya dan terpercaya

PURPOSE

"Menjadi akselerator perwujudan bangsa yang sejahtera dan berdaya saing melalui investasi, pengembangan dan pengelolaan portofolio bisnis terkini untuk selalu dapat memberi nilai tambah terbaik bagi pemangku kepentingan"

 
Nilai Perusahaan

Dewan Komisaris

Jati Widagdo

Komisaris Utama

Sofian Saleh

Commissioner

Arya Anugrah Pratama Kuntadi

Commissioner

Direksi

Pramasaleh H. Utomo

Direktur Utama dan PGS Dir. Business & Digital Transformation

Bhimo Aryanto

Direktur Finance, Risk & Human Capital

 
Fungsi Utama

As a holding company, TelkomMetra plays a strategic control function that focuses on the operational integration of its subsidiaries by focusing on revenue growth and efficiency to increase net profit. Nevertheless, the role of TelkomMetra will shift to Strategic Holding with Business Operational, which start implemented in 2021. TelkomMetra’s new roles are outlined in CSS Telkom 2022 - 2024 and based on CFUE GBP 2022 - 2024.

 

Currently, TelkomMetra has new 4 (four) main roles :

1. Portfolio and Parent Management of Digital Adjacent Services and BPO

2. Lead Operating Business (eg. SBU MediaHub, MetraTV, etc)

3. Business Line Lead for Digital Adjacent Services and BPO

4. Manage other portfolios

01.
Manajemen Keuangan

  • Menyetujui mekanisme pendanaan bagi anak-anak perusahaan yang meliputi equity financing dan project financing
  • Membimbing pendanaan kembali dari anak-anak perusahaan yang ada
  • Memantau dan melaporkan kinerja keuangan anak-anak perusahaan

02.
GTMA untuk Proyek-proyek Non-Konektivitas

  • Bertindak sebagai single point of contact bagi saluran untuk solusi non-konektivitas
  • Menetapkan anak-anak perusahaan mana yang digunakan untuk produk-produk yang sesuai
  • Memutuskan alokasi pendapatan dan melaksanakan kebijakan portofolio
  • Mengevaluasi kelayakan proyek dan risiko
  • Memimpin tim fungsional silang untuk mengembangkan solusi spesifik industry bernilai tinggi di seluruh anak perusahaan
  • Melakukan Delivery Monitoring

03.
Investasi Strategis

Bekerjasama dengan SID untuk melakukan fungsi Aliansi dan Akuisisi:

  • Identifikasi target 
  • Pra-Studi Kelayakan 
  • Uji Kelayakan 
  • Negosiasi 
  • Aspek hukum 
  • Post Deal Integration

04.
Shared Service

  • Implementasi Vendor Financing
  • METRA melakukan fungsi shared service untuk anak-anak perusahaan (New Revenue Stream)

05.
BL Leads (Device, Professionals Svc, Other Digital Svc excl. Big Data, IoT, Security)

  • Strategi portfolio dan rencana bisnis
  • Manajemen kemitraan
  • Delivery Monitoring
  • Manajemen Kinerja

 
Pendekatan Bisnis

Dalam merealisasikan tujuan strategis, TelkomMetra focus pada strategi pertumbuhan 3B + U (Buy | Borrow | Build + Unlock) yang selaras dengan implementasi CFU di Grup Telkom serta peran dan fungsi TelkomMetra sebagai perusahaan induk investasi strategis atas portofolio IME.

 

asdasda

dsadas

asdasd