Di era serba digital seperti saat ini, sebuah informasi atau data menjadi aset yang sangat penting dalam pengambilan suatu keputusan. Untuk mengumpulkan suatu informasi yang dibutuhkan, kita dapat melihat atau mencari informasi di kumpulan data yang ada. Sebuah kumpulan data dapat disebut dengan big data.

Konsep big data mungkin belum banyak dipahami, tapi manfaat big data telah banyak dirasakan, terutama bagi pengguna internet yang setiap saat mengakses informasi secara online. Bahkan big data ini diadopsi oleh sejumlah perusahaan untuk mengefisienkan kinerja demi mendulang benefit yang lebih besar.

Big data sendiri merupakan istilah untuk kumpulan data dalam jumlah besar dan kompleks, sehingga menjadikannya sulit untuk ditangani atau diproses jika hanya menggunakan manajemen basis data biasa atau aplikasi pemroses data tradisional. Pengembangan big data seringkali dikaitkan dengan Artificial Intelligence (AI) yang berperan sebagai software analisis data untuk membantu menafsirkan data dan menentukan perintah berikutnya.

Baca juga: Peran Penting Big Data di Masa Wabah Corona

Big data merupakan sumber informasi bagi machine learning untuk mempelajari data dengan cepat secara otomatis. Algoritma sering memainkan peran yang sangat penting dalam struktur AI. Sistem ini akan mengetahui pola yang dibutuhkan untuk menentukan perbedaan, kemudian meningkatkan kemampuan identifikasi. AI terus berkembang untuk menguntungkan banyak industri yang berbeda. AI kini dihubungkan menggunakan pendekatan lintas disiplin ilmu yang berbasis di matematika, ilmu komputer, linguistik, psikologi, dan banyak lagi.

Peran Big Data Dalam Pertumbuhan Bisnis

Big data membantu perusahaan untuk berinovasi dengan mempelajari hubungan antara manusia, lembaga, dan entitas. Dari hubungan tersebut perusahaan bisa menggunakan data insight untuk mengambil keputusan tentang pertimbangan keuangan dan strategi. Perusahaan bisa menemukan insight baru tentang tren dan apa yang pelanggan inginkan pada suatu produk atau layanan. Terlebih dalam hal pemasaran, hal ini penting, karena penggunaan big data mampu memberikan hasil yang akurat tentang berbagai penilaian pelanggan terhadap suatu produk.

Melansir Business Wire, perusahaan yang mengadopsi big data berpotensi meningkatkan profit dan mendukung dalam mengelola manajemen risiko. Selain itu, big data membantu perusahaan dalam memahami data dengan lebih baik dan memberikan informasi penting kepada orang-orang yang berkepentingan.

Apalagi, aktivitas digital kini mendominasi agenda setiap orang atau organisasi. Maka dari itu, para eksekutif masa kini penting mengenal big data demi menemukan strategi baru untuk tetap dapat berinteraksi dengan pelanggan. Big data dianggap modal, karena jadi kunci untuk menyelesaikan masalah dengan cepat, mempercepat inovasi, dan mendorong pertumbuhan perusahaan.

Setelah mengetahui pentingnya peran big data di kehidupan saat ini, maka tidak salah apabila mulai saat ini kita mencoba untuk menggunakan teknologi ini untuk pengembangan kualitas diri atau usaha yang dimiliki. Dengan begitu, ke depannya bukan tidak mungkin bisnis yang kita geluti bisa semakin bertumbuh dan membawa banyak dampak positif baik untuk pribadi, lingkungan, dan negara.